Inovasi Terbaru Pembatas Jalan Menggunakan PVC

Solusiindustri Inovasi dalam berbagai bidang konstruksi terus dilakukan agar lebih baik lagi, salah satunya adalah inovasi pada pembatas jalan. Pembuatan pembatas jalan tidak lagi harus menggunakan material besi. Namun sekarang, pembuatan bisa menggunakan bahan PVC sebagai pengganti material baja dan besi.

Menggunakan material plastic PVC menjadi alternatif yang bisa digunakan, pembatas jalan berbahan plastik dibuat oleh perusahaan Caris Guardrail asal Korea Selatan. Pembatas jalan ini diklaim lebih kuat dari material besi dan baja.

Dilansir kompas.com, Manajer Caris Guardrail Jimmy Tunggadjaja, mengatakan “ Pembatas jalan berbahan plastik ini bisa bertahan seumur hidup dan garansinya 330 tahun seperti hari pertama, sedangakan pembatas jalan yang menggunakan bahan besi dan baja hanya mampu bertahan sekitar 10 tahun karena bisa keropos terkena karat.”Katanya

Jimmy juga menambahkan inovasi baru ini bisa mengurangi benturan karena dapat menyerap benturan dari kecelakaan sehingga para penumpang yang ada didalam kendaraan menjadi selamat, tidak luka berat dan kerusakan pada kendaraan bisa diminimalisir.

Harga yang ditawarkan juga lebih stabil dan lebih murah ketimbang bahan besi dan baja karena tidak mengikuti perubahan naik turun pekermbangan proyek. Pembatas jalan PVC dijual dengan harga 120 dollar atau sekitar 1,6 juta per empat meter sudah termasuk tiang pondasinya.

Selain kuat dari benturan, pembatas jalan ini bisa menyala dalam keadaan gelap, sehingga ketika jalan kurang cahaya lampu dapat melihat pembatas jalan yang ada di kelilingnya.

Pembatas jalan buatan Caris Guardrail ini sudah digunakan di beberapa kota di Korea Selatan, Eropa, dan Mongolia. Untuk di Indonesia, pihaknya masih menunggu proses rekomendasi dari kementerian terkait untuk masalah keamanannya.

, , ,