Ini Perbedaan Arus AC dan DC !!!

Solusiindustri.com- Pada pelajaran elektronika, kita pasti tidak asing dengan namanya arus AC (arus bolak – balik ) dan DC (arus searah). Dalam AC atau DC tersebut memiliki perbedaan yaitu pada molekul elektronnya. Di dalam elektron DC dimana arus terus mengalir dengan searah, sedangkan di dalam elektron AC arus akan mengalir tapi terkadang mengalami bolak – balik. Arus AC yang bolak – balik mempengaruhi tengangannya karena arusnya tidak setabil begitupun tegangannya.

Sebagian besar elektronik menggunakan arus DC, tapi tidak sedikit juga yang menggunakan arus AC, penggunaan arus AC sangat penting untuk rumah tangga karna akan menyalurkan aliran listrik yang tunggal dari trafo untuk kemudian di alirkan ke tempat yang lebih jauh lagi.

A. Arus AC (Bolak-Balik)

arus AC DC

Sumber gambar : www.bp.blogspot.com

Secara umum arus AC di alirkan dari PLN untuk kemudian digunakan untuk rumah tangga, perkantoran, dan lain – lain, dari aliran listrik itu kita dapat menggunakan perangkat elektronik untuk keperluan atau hiburan. Arus AC bisa meningkat atau menurun tergantung pengunaan pada transformatornya. Gelombang pada medan arus AC mempunyai 3 gelombang yang berbeda jika kita menghubungkan aliran listrik tersebut dengan alat uji yaitu osiloskop.

Berikut ini adalah gelombang arus AC yang telah di uji :

1. Gelombang Kotak

perbedaan arus AC DC
Sumber gambar : www.sunupradana.info.com

 

2. Gelombang Sinus

perbedaan arus ac dc

Sumber gambar : www.okeguru.com

 

3. Gelombang Gergaji

perbedaan arus ac dc
Sumber gambar : www.bocahmaster.wordpress.com

 

B. Arus DC (Searah)

perbedaan arus ac dc

Sumber gambar : www.bp.blogspot.com

Pada arus DC aliran arusnya sangat stabil sehingga sangat di mudah untuk diketahui, karena arus ini mengalirkan arus dari medan negatif ke medan positif dengan konstan tanpa ada perubahan. Arus DC biasanya terdapat pada baterai yang biasanya di jual di supermarket, toko mainan, ataupun warung kelontong.

Fungsi baterai tersebut dapat menghidupkan suatu mainan seperti mobil – mobilan, jam dinding, dll. Selain untuk mainan arus Dc juga bisa untuk laptop, radio, televisi dan lain – lain. Aliran dari PLN merupakan aliran AC sehingga jika langsung di gunakan maka akan terjadi kerusakan pada laptop tersebut, maka dari itu fungsi dari adapter charger laptop berfungsi untuk mengubah aliran dari AC menjadi DC sehingga laptop dapat digunakan.

Dengan mengetahui perbedaan arus AC dan DC, maka anda bisa lebih mengenal dan memahami rangkaian dan material elektronika di sekitar anda. Selain itu, anda juga lebih waspada ketika harus memasang instalasi listrik dengan tegangan yang cukup besar.

, , ,