Total Station Digunakan untuk Monitoring Jembatan Cisomang

Solusiindustri – PT Jasa Marga masih berusaha melakukan perbaikan terhadap jembatan Cisomang di jalan Tol Purbaleunyi. Kendaraan besar bergolongan dua sampai lima masih dilarang untuk melintasi jembatan yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung ini.

Tim Jasa Marga melakukan perbaikan selama 24 jam dengan koordinasi dari pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Ditjen Bina Marga PUPera, serta Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJT). Diharapkan perbaikan akan selesai dalam tiga bulan ke depan.

AVP Coorporate Communication PT Jasa Marga, Dwiman Heru menjelaskan pihaknya sekarang ini sedang melakukan pekerjaan grouting di pilar A1, P0, P1, P2, dan P5. Selain itu, saat ini sedang disiapkan pengerjaan wrapping disertai pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) pada pilar P1 dan P2.

“Kita juga lakukan pekerjaan strutting baja dalam proses cutting dan pengelasan material H-Beam dan penggalian tanah di sekitar pilecap P2 dan P3,” ujar Heru dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (12/1/2016).

Selain dari pengerjaan tersebut, pihaknya juga masih mengerjakan unloading atau cutting di lereng sekitar abutment A1 dan pilar P1.

“Juga saat ini sedang dipersiapkan pekerjaan ground pada P0 dan persiapan platform kerja untuk pekerjaan belt boredpile,” jelas Heru kembali.

Selain melakukan perbaikan terhadap struktur jembatan, pihaknya memastikan bahwa mereka masih melakukan monitoring terhadap posisi pilar menggunakan metode pengukuran vertikal dan arah X, Y, Z atau bisa disebut 3D Model.

Untuk melakukan metode tersebut pihaknya menggunakan alat ukur otomatis bernama Robotic Total Station yang beroperasi selama 24 Jam penuh.

Sederhananya, Robotic Total Station adalah Total Station yang memungkinkan untuk melakukan operasi dari jarak jauh. Ini berarti hanya memerlukan satu orang operator untuk melakukan perhitungan dan inspeksi yang jauh lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan Total Station biasa.

Total Station adalah suatu alat ukur yang berfungsi untuk melakukan pemetaan secara modern dan perencanaan konstruksi bangunan. Total Station beroperasi dengan cara mengukur jarak dan sudut (vertical dan horizontal) secara otomatis.

Total Station merupakan teodolit yang terintegrasi dengan EDM (Electronic Distance Meter) untuk membaca jarak dan kemiringan dari alat ke titik tertentu. Total Station memiliki chip memori yang berfungsi untuk menyimpan data pengukuran sudut dan jarak kemudian dilakukan komputasi lebih lanjut.

Heru memastikan, berdasarkan hasil monitoring sampai kondisi terkini jembatan Cisomang masih dalam kondisi aman untuk dilalui kendaraan kecil atau golongan non bus.

Sumber: news.detik.com

, ,