Hari Ini Uji Coba Tilang Elektronik Menggunakan CCTV Dilakukan

Solusiindsutri Mulai hari ini, Senin (1/10/2018) sistem tilang elektronik atau yang disebut Electronic traffic law enforcement (ETLE) akan diuji coba.

Sistem ini menggunakan kamera CCTV yang memiliki teknologi canggih untuk mendeteksi kendaraan yang melanggar lalu lintas.

Dilansir dari kompas.com, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan “CCTV tersebut bisa merekam, meng-capture pelanggaran, pelat nomor kendaraan di lapangan kemudian terkoneksi di back office TMC Polda Metro Jaya. Nanti dari back office ada petugas dari Gakkum dan Regident yang akan mengecek database tersebut,”

Nantinya, ketika pengendara terbukti melanggar maka kepolisian akan menerbitkan surat tilang.

Beberapa pelanggaran yang mampu terekam yaitu pelanggaran batas kecepatan, kelebihan beban muatan dan daya angkut, tidak memakai helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel ketika berkendara, salah jalur, melanggar ganjil-genap, pelanggaran marka jalan dan menerobos lampu merah.

Uji coba tilang elektronik ini akan berlangsung selama satu bulan menggunakan 4 CCTV canggih yang akan ditempatkan di empat titik yaitu simpang Patung Kuda, Simpang Kebon Sirih dan Simpang Sarinah.

Namun, selama masa uji coba berlangsung pihak kepolisian belum melakukan penindakan terhadap para pelanggar, uji coba ini bertujuan untuk sosialisasi. Selain itu, tujuan dari uji coba ini untuk melihat tingkat akurasi gambar dari empat CCTV yang dipasang. Jika hasilnya bagus, maka akan dipasang CCTV lebih banyak lagi.

, ,