Penyebab Utama Bangunan Struktur Baja Bisa Roboh

Konstruksi baja adalah konstruksi yang menggunakan batang – batang baja sebagai pengganti beton. Setiap titik pertemuan batang baja disambung dengan menggunakan mur dan baut, las lumer ataupun dengan cara dilas. Baja – baja tersebut dirangkai dengan sedemikian rupa untuk menjadi rangka pada bangunan.

Menggunakan struktur baja memanglah praktis dan sangat mudah untuk pengerjaannya, biasanya baja digunakan untuk gudang, pabrik, lapangan futsal dll. Namun jika salah perhitungan pada penggunaan baja dapat menyebabkan roboh karena terlalu berat menahan beban pada batang dari sebuah bangunan. Robohnya bangunan juga membahayakan orang – orang yang ada disekitarnya.

Berikut penyebab utama robohnya bangunan baja :

Desain yang kurang tepat.

Mendesain memanglah hal yang menyenangkan sekaligus susah jika salah memilih barang atau salah memperhitungkan pemilihan dimensi baja akan berakibat fatal.

Pemasangan yang kurang Bagus

Pemasangan struktur baja memang hanya menggunakan mur dan baut namun jika pemasangan tidak tepat mur tersebut akan kendor dan seiring berjalannya waktu mur akan lepas karna menahan beban yang berlebih

Pengelasan yang tidak sempurna

Pengelasan jadi satu – satunya untuk menyambungkan dua baja agar menjadi satu dengan teknik las baja akan menjadi kuat, namun jika pengelasan dengan sistem asal – asalan dan kurang lebar dan banyak bisa di pastikan bangunan akan roboh.

Pengerjaan yang kurang teliti

Meskipun pemasangan baja di anggap mudah namun jika pengerjaannya tidak telili juga akan menghasilkan pengerjaan yang sia – sia. Pengawasan dan pengerjaan yang teliti mutlak dilakukan untuk menjamin keselamatan pada orang yang di dalam bangunan maupun orang – orang sekitarnya.

Faktor alam

Gempa bumi menjadi faktor yang dapat membuat bangunan menjadi rusak dan hancur, bila tidak dilakukan perhitungan yang matang maka akan mengalami gagal kontruksi.

Dengan memperhatikan semua penyebab utama bangunan struktur baja bisa roboh diatas, diharapkan para kontraktor dan pekerja bangunan lebih berhati-hati dan teliti pada saat pemasangan baja. Memang harus diakui jika pondasi baja ini lebih kuat dibandingkan material lainnya, selain itu juga tahan dari serangan rayap.

, , , ,