Pabrik Samsung di China Ditutup, Perusahan Berikan Galaxy S10 Gratis untuk Pekerja

Solusiindustri Bulan Oktober ini, pabrik Samsung terakhir yang ada di China terpaksa harus ditutup. Pabrik yang berlokasi di kota Huizhou Guangdong ini mempekerjakan 6000 pegawai dan memproduksi 63 juta unit ponsel.

Tentunya penutupan pabrik ini memiliki dampak yang cukup besar bagi para pegawainya. Namun, Samsung memberikan kompensasi yang cukup mengejutkan, bukan hanya tunjangan tapi juga memberikan ponsel Galaxy S10 + jam tangan secara gratis untuk karyawan dengan masa kerja di atas 10 tahun.  Sedangkan untuk karyawan yang masa kerjanya di bawah 10 tahun diberikan Samsung galaxy A80.

Selain smartphone dan jam tangan, Samsung juga memberikan kompensasi berupa uang tunai untuk para buruh. Tentunya, kompensasi ini mendapat tanggapan yang sangat baik dari para pekerjanya sehingga banyak dari mereka yang merasa senang walaupun harus kehilangan pekerjaan.

Pabrik yang berdiri sejak 1992 ini diketahui menyusul pabrik Samsung yang ada di Tianjin yang lebih dulu tutup. Produsen smartphone asal Korea Selatan ini dikabarkan tidak mampu bersaing dengan para kompetitor lokal terkait pengupahan buruh.

Memang harus diakui persaingannya cukup ketat, belum lagi gempuran produk smartphone China yang dibanderol dengan harga sangat murah. Berdasarkan riset dari Firam Riset menyebutkan pada kuartal II-2019 hanya sebesar 0,7 persen dengan total volume penjualan 700.000 unit smartphone.