Metode Pengujian Non Destructive Test (NDT) pada Material Industri

Solusiindustri Dunia Industri sangat erat kaitannya dengan penggunana material untuk menghasilkan suatu produk seperti pipa, plat, velg dan lain-lain. Biasanya produk tersebut dibuat menggunakan mesin khusus yang telah didesain untuk menyelesaikan produksi dalam jumlah besar.

Untuk menjaga kualitas produk tersebut biasanya harus dilakukan beberapa tahapan pengujian kualitas (quality control). Pengujian kualitas ini bisa dilakukan secara visual ataupun menggunakan alat khusus.

Maksud dari pengujian secara visual yaitu menggunakan mata normal tanpa menggunakan alat bantu sama sekali. Namun, pengujian ini sangat dipengaruhi oleh faktor pengalaman dan penglihatan si penguji untuk menentukan material tersebut masuk kedalam kategori cacat atau tidak.

Sedangkan untuk pengujian yang menggunakan alat bisa dilakukan secara menyeluruh baik dari permukaan hingga bagian dalam material yang tidak terlihat oleh mata manusia. Pengujian ini biasanya menggunakan metode NDT (Non Destructive Test).

NDT adalah pengujian atau pemantauan untuk mengetahui kerusakan tanpa merusak bagian atau komponen dari material tersebut. Biasanya pada material terdapat cacat seperti crac/retakan, lubang kecil hingga crack yang panjang dan lebar di bagian dalamnya sehingga sulit untuk dilihat oleh mata manusia.

Non Destructive Test

Non Destructive Test

Beberapa metode yang digunakan pada pengujian NDT yaitu Ultrasonic Test, Eddy Current Test, Magnetic Flux Leakage dan lain-lain. Pengujian ini bermanfaat untuk mengetahui tingkat kerusakan atau aus pada material dengan cepat.

Salah satu metode yang paling sering digunakan yaitu ultrasonic test karena bisa menembus bagian dalam material yang ukurannya tebal. Pengujian ini memanfaatkan gelombang ultrasonic untuk menguji kerusakan pada material. Sebelum diuji, material di oleskan pelapis khusus berupa cairan (gel) khusus pada permukaan, lalu sensor tinggal dipasangkan pada pipa tersebut untuk mendeteksi kerusakan di dalam material. Grafik pengujian bisa dilihat pada layar monitor yang telah terhubung dengan alat NDT.

non destructive test

Sumber gambar :mac-ndt.com

Monitor akan menampilkan kerusakan yang ada didalam pipa pengujian, lalu dapat dilakukan analisa pada pipa tersebut apakah masih dalam batas aman (standart Indonesia) atau tidak. NDT ini dapat dikombinasikan dengan produksi lain dan langsung tersimpan secara otomatis.

Terdapat 8 chanel dan dapat di upgrade hingga 48 chanel untuk proses pengujian secara bersamaan. Selain digunakan untuk digunakan pada Industri logam. NDT juga bisa digunakan untuk kebutuhan teknik sipil (Konstruksi Bangunan).

Pengujian NDT pada konstruksi meliputi beberapa bagian seperti Konstruksi, Struktur, Jembatan, Pipa Saluran Air dan Inspeksi Rel Kereta Api. Pengujian pada konstruksi bangunan untuk mejaga keutuhan pada struktur bangunan tersebut sehingga ketika terjadi masalah berupa retak, bocor dan lainnya bisa langsung terdeteksi.

, , ,