Memahami Apa Itu Metode Pulse Echo

Solusiindustri – Dalam melakukan pengujian terhadap beton, tentu para pelaku yang berkaitan, tidak ingin melakukan pengujian yang akan merusak beton atau bahkan menghancurkannya dalam melakukan pengujian. Dalam pengujian beton ada 1 metode yang dinamakan dengan Non Destructive Test, metode ini bekerja dengan mengandalkan ultrasonic pada alat, metode ini bisa digunakan dengan sangat baik pada struktur yang sudah lama maupun baru. Akan tetapi penggunaan alat pada struktur baru akan cenderung pada pengenalan kualitas dan melakukan pencarian pada jawaban terhadap kualitas pada bahan.

Di dalam Non Destructive Test, terdapat satu metode yang dinamakan dengan Pulse Echo. Metode ini menggunakan gelombang ultrasonic untuk melakukan pencarian kecacatan pada sebuah bahan. Untuk prinsip kerjanya, alat ini akan menghasilkan gelombang ultrasonic pada pemancar yang terletak pada bagian bawah alat. Gelombang tersebut akan merambat melalui bahan dan akan memantulkan gelombang kembali pada alat.

Gelombang yang dipantulkan pada alat tadi akan diproses oleh alat, setelah proses selesai monitor pada alat akan menampilkan hasil dalam bentuk 3 dimensi. Kecacatan pada barang akan ditandai dengan warna merah. Alat ini juga dapat melakukan pendeteksian pada bagian dalam bahan jika terdapat sesuatu di dalamnya, misalkan beton yang sedang diukur, maka di dalam beton akan terlihat beberapa tulangan yang terdapat di dalamnya.

Pada pengaturan ultrasonic analog nya, pulse generator akan mengirimkan pulse listrik menuju probe pemancar, yang mana setelah itu akan menghasilkan pulse ultrasonic. Gelombang ini akan menyebar menuju ke spesimen dan akan dipantulkan ke perangkat penerima yang mana setelah itu akan diubah menjadi sinyal listrik. Dan sinyal inilah yang kemudian akan dikirimkan pada amplifier lalu dikirimkan lagi menuju ke sinar katodra (CR), lalu sinyal katodra ini akan menampilkan sinyal sebagai puncaknya.

Puncak pertama pada layar diwakili dengan pulse elektronik yang sebelumnya sudah dihasilkan. Lalu gelombang ultrasonic akan bergerak melalui spesimen hingga tersebar pada suatu permukaan. Bagian yang dipantulkan dari gelombang sehingga dapat dilihat sebagai puncak pada tabung CR. Bagian lain dari gelombang tersebut akan berlanjut menuju ke dinding bagian belakang spesimen sehingga akan tercermin di sana.

Transduser

Transduser atau bisa disebut dengan probe, transduser adalah pemancar dan penerima gelombang ultrasonic. Dengan menggunakan efe piezo-elektrik, energi dari tegangan listrik akan diubah manjadi gelombang ultrasonic. Penerima akan menggunakan efek piezo-elektrik terbalik untuk melakukan pengubahan gelombang ultrasonic menjadi sinyal listrik

Sumber : Testing Indonesia

,