Jembatan yang Ambruk di Taiwan Ternyata Masih Berusia di Bawah 50 Tahun

Solusiindustri Jembatan di Taiwan yang ambruk pada Selasa, 1 Oktober masih terus diselidiki untuk mencari tahu penyebab utamanya. Apalagi umur jembatan tersebut masih dibawah 50 tahun yang tentunya dibawah standart usia jembatan pada umumnya.

Jembatan Nanfangao memiliki panjang 140 meter yang dibangun pada tahun 1998, berarti usia jembatan tersebut sekarang ini masih 21 tahun.

Ambruknya jembatan tersebut menyebabkan beberapa kapal yang tengah melintas dibawahnya tertimpa material. Kejadian menghebohkan ini menelan beberapa korban, baik itu korban luka ataupun meninggal dunia.

Hingga saat ini tercatat ada 5 orang korban jiwa. 2 orang diantaranya adalah warga negara Indonesia dan 1 orang Filiphina yang berprofesi sebagai ABK (Anak Buah Kapal) di kapal ikan yang kebetulan sedang melintas.

Selain korban meninggal, tercatat setidaknya ada 14 orang korban luka yang langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat pasca kejadian.

Dikabarkan, beberapa jam sebelum jembatan tersebut ambruk, Topan Mitag menerjang bagian utara Taiwan yang menyebabkan timbulnya angin kencang disertai hujan yang lebat.

Namun, ketika jembatan tersebut ambruk kondisi cuaca saat itu sudah cerah. Maka dari itu, para ahli struktur bangunan masih menganalisa apakah ada kaitannya dengan Topan yang datang beberapa jam sebelumnya atau tidak.

Rekaman video CCTV menunjukkan sebuah truk minyak hampir berhasil melintasi jembatan, sebelum mundur dan jatuh ke bawah bersama bangunan jembatan. Truk minyak itu kemudian terbakar.

Jembatan Nanfangao dibangun pada tahun 1998 yang bertujuan untuk menggantikan struktur konstruksi jembatan yang lebih rendah sehingga kapal-kapal besar bisa melintas dibawahnya.

Selain itu, jembatan ini juga menjadi objek wisata warga setempat dan dikenal dengan sebutan “jembatan kekasih”.

Selain itu, berdasarkan pengakuan dari perusahaan yang membuatnya, jembatan ini merupakan jembatan lengkung bentang tunggal satu-satunya di Taiwan. Wajar saja jika runtuhnya jembatan ini menghebohkan warga Taiwan.

Struktur jembatan Nanfangao diperkuat terakhir kali pada tahun 2018. Otoritas setempat juga telah memberikan pernyataan bahwa jembatan ini harus “secara teratur dipelihara dan diperiksa”. Tujuannya sudah pasti agar kesehatan dan kekuatan struktur selalu terpantau. Namun, diluar dugaan ternyata jembatan tersebut ambruk tiba-tiba.