Empat Menteri Meresmikan Longspan LRT Jabodebek

Solusiindustri Pagi ini, Senin ( 11/11/2019 ) Empat menteri meresimkan tahap akhir pengecoran jembatan lengkung bentang panjang Kuningan yang akan difungsikan LRT Jabodebek.

Empat Menteri yang ikut meresmikan yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Luhut memeberikan sambutan dengan mengungkapkan bahwa proyek LRT Jabodebek ini nantinya akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Hal ini dikarenakan, proyek pembangunan LRT ini cukup menantang, apalagi terkait dengan pembebasan lahan yang dinilai sangat sulit.

“Bebaskan tanah mungkin bapak ibu setengah matinya di sini,” ujar Luhut dilansir dari detikcom.

Sedangkan Budi Karya memberikan penjelasan bahwa proyek ini bisa dibilang rumit mulai dari struktur hingga proses pembiayaannya.

“Pak Basuki, Pak Erick saya memang melihat memang Adhi sangat gigih melakukan project ini, dan menjadi project yang menjadi contoh dari struktur, kesulitan dan financing. Kita jadikan skema KPBU tapi dikerjakan Adhi Karya dan KAI,” ujar Budi.

Jembatan yang diresmikan ini merupakan tipe box girder beton yang memiliki radius lengkung 115 meter. Bagian bentang utama panjangnya 148 meter dengan melewati tahap uji beban pondasi dengan beban seberat 4.400 ton.

Per 1 November 2019, progress pengerjaan proyek LRT Jabodebek ini sudah mencapai 67,3%. Mulai dari Cawang – Cibubur 86,2% , Cawang – Kuningan – Dukuh Atas 58,3% dan Cawang – Bekasi timur 60,5%.

“Progree 67, 3%, lintas Cawang-Cibubur 86,2% di sana dilakukan dinamic test kereta sudah wira-wiri,” Ujar Budi Harto, Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang dilansir dari detikcom.

Bentangan beton panjang atau Longspan yang berada di lintasan Kuningan LRT Jabodebek merupakan struktur jembatan beton lengkung dengan panjang 148 meter, sehingga bisa dibilang lintasan LRT ini merupakan yang jembatan beton kerata api lengkung paling panjang di dunia.

 

, ,