Mencegah Virus Corona dengan Cuci Tangan yang Benar

Solusiindustri Sebuah rapat yang digelar oleh badan kesehatan dunia (WHO) mengeluarkan pernyataan bahwa wabah virus corona berstatus gawat darurat. Pasalnya, jumlah penderitanya terus bertambah setiap harinya dan telah menyebar hingga ke beberapa negara.

Virus yang berasal dari Wuhan China ini masih belum ditemukan vaksinnya. Sekarang ini masih terus dilakukan percobaan dan penelitian oleh para ahli.

Maka dari itu, bagi mereka yang belum terinfeksi virus corona disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya adalah dengan rutin mencuci tangan.

Mengapa harus cuci tangan ? karena tangan adalah bagian tubuh yang paling aktif dan paling sering berinteraksi dengan benda-benda serta bersentuhan dengan manusia lainnya.

Ketika cuci tangan sebaiknya menggunakan sabun antiseptic dan dibilas menggunakan air bersih yang mengalir.

Menjaga kebersihan tangan itu sangatlah penting, saking pentingnya WHO sampai mengeluarkan standart mencuci tangan yang benar.

  • Ambil sabun lalu usapkan pada kedua telapak tangan secara perlahan sambil memutar dari pergelangan hingga ujung jari
  • Usap bagian punggung tangan dengan sedikit ditekan secara bergantian
  • Bersihkan bagian sela-sela jari
  • Gosok bagian ujung jari tangan secara bergantian
  • Kemudian bilas kedua tangan menggunakan air keran sambil digosok-gosok

Cara mencuci tangan diatas sebenarnya tidak lah sulit, tapi banyak orang yang malas atau menganggap sepele kebiasaan ini. Padahal pengaruhnya cukup besar untuk kesehatan tubuh, termasuk mencegah penyebaran virus corona.

Namun, jika Anda sedang berada di tempat yang tidak ada air dan sabunnya, maka bisa menggunakan gel pembersih tangan seperti antis hand sanitizer.

,