Bagaimana Penggunaan Thermal Camera Dalam Mengatasi Virus Corona?

Solusiindustri – pada umumnya thermal camera digunakan untuk melakukan pemantauan pada suhu suatu benda yang tidak dapat dijangkau ataupun diraih dengan menggunakan tangan, yang mana pemantauan tersebut dilakukan dengan menggunakan degradasi warna. Warna merah yang terdapat pada camera akan mewakili suhu atau temperatur yang tinggi sedangkan suhu rendah akan digambarkan dengan warna biru.

Pada saat ini thermal camera seperti dialih fungsikan secara sepenuhnya menjadi alat pendeteksi Virus Corona, alat ini akan bekerja dengan cara mengukur tubuh manusia dengan cepat. Memang terlihat sama dengan thermometer, namun, yang membedakan kedua alat tersebut adalah thermal camera dapat menangkap gambit serta video dalam jumlah yang banyak dengan akurasi yang sangat tinggi. Serta alat ini juga akan menampilkan informasi suhu tubuh dengan cepat.

Thermal camera ini biasanya akan dipasang pada daerah – daerah yang memiliki banyak pengunjung atau kerumunan orang seperti pada bandara, lingkungan industri besar dan juga daerah perkantoran, maka dengan begitu keamanan para staff dan pelanggan dapat terjamin.

Jika dilihat sekilas alat ini tidak berbeda dengan kamera pada umumnya, namun yang membedakan thermal camera dengan kamera lainnya adalah, alat ini dapat menangkap cahaya yang masuk, hal tersebut dikarenakan alat ini sangat sensitif terhadap suhu panas. Alat ini bahkan dapat bekerja dengan sangat baik pada malam hari. Untuk rekaman pada kamera akan dimunculkan pada layar video, objek yang panas akan digambarkan dengan warna merah terang.

Thermal camera ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengukuran pada suhu yang lebih tinggi lagi, alat ini akan melakukan penyaringan pada beberapa penyakit yang dapat menular seperti flu bahkan Covid-19 atau Corona Virus. Bahkan alat ini dapat mengukur suhu tubuh pada seseorang yang sedang berlari, karena suhu pada tubuh akan mengalami peningkatan pada saat berolahraga.

Akan tetapi, selaku pihak yang menggunakan alat ini, jika terdapat seseorang yang memiliki suhu tubuh yang tinggi dikarenakan demam, itu bukan berarti ia menderita suatu penyakit menular seperti Covid-19, maka dari itulah kita harus melakukan skrining lebih lanjut jika menemukan seseorang yang memiliki suhu tubuh diatas rata rata.

, , , ,