3 Alat Uji Material untuk Industri Manufaktur

Industri manufaktur mengolah berbagai jenis material mentah menjadi produk jadi yang memiliki nilai tambah sehingga siap jual. Proses pengolahan ini dilakukan secara manual dan juga otomatis menggunakan mesin produksi.

Setiap material yang diolah harus memiliki kualitas yang sesuai standart sehingga dapat menghasilkan sebuah produk dengan kualitas unggul.

Adapun parameter yang diukur dan dianalisa dalam menentukan kualitas material yaitu nilai kekerasan, ketebalan, kondisi material (cacat, crack, berlubang) dan lainnya.

Beberapa kondisi material bisa dianalisa secara visual tapi hasilnya tidak terlalu akurat sehingga membutuhkan alat uji material. Berikut ini 3 alat uji material yang sering digunakan dalam industri manufaktur :

Ultrasonic Flaw Detector

Ultrasonic Flaw DetectorSesuai dengan namanya, alat ini digunakan untuk menganalisa cacat pada material menggunakan gelombang ultrasonic. Kenapa harus gelombang ultrasonic ?? karena gelombang memiliki sifat yang dapat merambat ke dalam permukaan benda padat sehingga dapat menganalisa cacat dengan mudah.

Ultrasonic Flaw Detector lebih sering digunakan untuk menganalisa material berupa logam murni dan logam campuran karena sifatnya dapat memantulkan gelombang dengan baik. Alat ini dapat digunakan untuk menguji material yang masih setengah jadi ataupun yang sudah berupa produk jadi.

 

 

 

 

Hardness Tester

Hardness TesterHardness Tester digunakan untuk mengukur nilai kekerasan suatu materia yang terbuat dari logam. Ada 2 macam hardness tester yaitu portable hardness tester dan bench hardness tester.

Portable hardness tester memiliki ukuran yang minimalis sehingga mudah dibawa kemana saja untuk pengukuran di lokasi atau lapangan. Sedangkan bench hardness tester digunakan untuk menguji kekerasan material di dalam laboratorium.

Jika anda mencari Hardness tester berkualitas dengan harga terjangkau silakan kunjungi link ini : jual hardness tester

 

 

 

Coating Thickness Gauge

coating thickness gaugeSetiap produk jadi biasanya diberikan lapisan cat agar tidak mudah keropos dan terlihat lebih bagus. Namun, cat yang dilapisi tingkat ketebalannya harus sesuai, disinilah coating thickness gauge berfungsi. Alat ini dapat digunakan untuk mengukut ketebalan lapisan cat pada material seperti pada bodi kendaraan, spare part, dan lainnya.

Jika Anda ingin membeli alat ini dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau silakan kunjungi link ini : jual coating thickness gauge

, , , ,